Selasa, 26 Agustus 2008

Tips Menjalankan Puasa Tanpa Derita Sakit Maag

Ingin menjalankan ibadah puasa dengan tenang tanpa gangguan nyeri lambung? Bisaa...
Sebenarnya, apa sih yang disebut sakit maag ini?

Sakit maag adalah gangguan pada lambung yang disebabkan oleh tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Gejalanya adalah lambung terasa perih terutama jika terlambat makan, perut terasa kembung, sering bersendawa, mual, dan kadang-kadang juga diikuti muntah.

Seringkali asam lambung naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam, namun tidak selalu demikian. Pada penderita sakit maag yang parah, bahkan dapat menyebabkan pingsan. Jika sakit maag tidak segera diatasi, akan timbul gangguan kesehatan lain yang lebih parah, antara lain lambung menjadi luka yang disebut tukak lambung.

Faktor psikis atau emosional juga dapat menjadi faktor penyebab sakit maag. Kesibukan yang tinggi, beban kerja meningkat membuat orang jadi stres. Kondisi ini juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung dan mengikis lapisan lambung (mukosa) sehingga akhirnya menimbulkan rasa perih atau sering kita sebut sakit maag.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan minum obat maag. Obat maag bekerja untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan sehingga gejala sakit maag dapat diatasi sebelum menjadi lebih parah.

Kita bisa ’berdamai’ dengan keluhan perut kembung dan perih selama berpuasa, asal ada kemauan dan disiplin kuat.


Jadi apa dong yang dapat menyembuhkan sakit maag ini?

Sakit maag adalah sakit yang umum dialami oleh orang yang hidup di dunia modern dan serba cepat seperti sekarang ini. Bila terserang sakit maag tentunya Anda harus minum obat maag atau ke dokter. Untuk menghindarkan dari gangguan yang lebih sering, Anda harus berusaha agar asam lambung tidak berlebihan, yaitu dengan menghindari stres berlebihan, makan dengan teratur dan tentunya berolah raga.

Orang menderita sakit maag bukan berarti tidak bisa berpuasa. Banyak orang sudah merasakan justru bisa sembuh sakit maagnya saat berpuasa di bulan Ramadhan. Mungkin juga karena saat berpuasa, pola makan kita justru lebih teratur.

Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
Bagaimana jika sakit lambung amat sangat saat berpuasa?

Sebaiknya puasa tidak diteruskan dan segera minum obat maag. Jika merasa lebih kuat, coba berpuasa lagi keesokan harinya.
Nah bagaimana bisa minum obat maag padahal berpuasa?

Bisa kok. Obat maag pada umumnya adalah obat yang relatif aman. Pada saat puasa kita dapat minum dengan dosis 3 kali sehari, yaitu saat buka, sebelum tidur dan saat sahur.

Nah, jangan jadikan sakit maag sebagai penghalang ibadah. (sumber: Kompas.com )


Related Posts by Categories



Tidak ada komentar: